Pages

Sunday 22 May 2016

Linked Accounts MYOB – Sales Linked Accounts




Terakhir di linked account MYOB, kita akan melakukan pengaturan untuk account-account yang berhubungan dengan penjualan.  Pengaturan di Linked Account MYOB untuk account sale ini sama saja dengan account pembelian yang telah kita susun di depan.

Dua account yang wajib kita pasang atau setting di Sale linked account adalah  Asset Account for Tracking Receivables dan Bank Accounts for customer Receipts. Karena seperti yang kita tahu, bahwa dua account ini sudah disetting pada saat kita mensetting Chart of Account.    


Kedua account ini dari nama saja kita tahu bahwa account ini digunakan untuk mencatat Account receivable atau AR dan Bank untuk menerima pembayaran piutang dari customer.

I Charge Freight of Sale, Jika penjualan menggunakan freight term Collect, maka biasanya kita akan menambahkan biaya freight dalam invoice, dan itu dikategorikan sebagai pendapatan freight.  Namun secara hakikat ini bukanlah pendapatan, tapi kita melakukan pembayaran di muka untuk biaya pengiriman dan kita tagihkan kepada customer. Seharusnya zero profit. Di dalam MYOB Premier, kita bisa mensetting sebagai pendapatan lain-lain atau lansung mengurangi biaya pengiriman.
Contoh digambar, kita masukkan kedalam pendapatan freight.



I Track Deposit Collected from Customers,  jika dalam bisnis, perusahaan biasanya meminta deposit terlebih dahulu jika mereka melakukan transaksi dengan customer yang baru. Biasanya mengenai Deposit ini tergantung dari kebijaksanaan perusahaan msing-masing. Namun jika kita menerima deposit dari customer, MYOB premier menyediakan pengaturan secara otomatis untuk kita alokasikan ke Account payable, karena itu adalah kewajibhan kita untuk mengirim barang kepada customer.
Silahkan pembaca setting ke account liabilities, dan bisa kita beri nama Deposit From Customer atau Uang Muka dari Pembeli, dalam Bahasa Indoensianya.

I Give Discounts for Early payment, sudah tentu dalam bisnis, cashflow adalah hal utama untuk menjalankan roda perusahaan, dan biasanya penjual mempunyai term of payment yang disertujui bersama pembeli. Jika pembeli membayar dibawah waktu yang disepakati, maka penjual akan memberikan potongan pada saat pembayaran. Misalnya, dengan term 2/10 n/30 yang artinya, pembeli akan diberikan potongan 2% jika membayar dalam waktu 10 dari 30 hari yang diberikan.
Di MOB premier ini, pembaca bisa mensettingnya ke account discount atau account biaya lainnya.

I Assess Charges for late payment, lawan dari pemberian discounts adalah pengenaan biaya tambahan atau denda jika pembeli terlambat melakukan pembayaran. Biasanya ini agak jarang terjadi di dunai bisnis, namun dalam dunia keuangan atau perbankan atau asuransi hal ini mungkin biasa.
Di MYOB premiere kita juga mensetting account jika kita menerapkan denda kepada customer kita. Kita bisa pasang di Pendapatan lain-lain di kepala 8 atau di group revenue.


No comments:

Post a Comment

Silahkan beri komentar untuk kemajuan dan bahan belajar bersama. Komentar yang bersifat spam dan troll tidak dipublikasikan