Terakhir
di linked account MYOB, kita akan melakukan pengaturan untuk account-account
yang berhubungan dengan penjualan. Pengaturan di Linked Account MYOB untuk
account sale ini sama saja dengan account pembelian yang telah kita susun di
depan.
Dua
account yang wajib kita pasang atau setting di Sale linked account adalah Asset
Account for Tracking Receivables dan Bank
Accounts for customer Receipts. Karena seperti yang kita tahu, bahwa dua
account ini sudah disetting pada saat kita mensetting Chart of Account.
Kedua
account ini dari nama saja kita tahu bahwa account ini digunakan untuk mencatat
Account receivable atau AR dan Bank untuk menerima pembayaran piutang dari
customer.
I Charge Freight of Sale, Jika penjualan menggunakan freight
term Collect, maka biasanya kita akan menambahkan biaya freight dalam invoice,
dan itu dikategorikan sebagai pendapatan freight. Namun secara hakikat ini bukanlah pendapatan,
tapi kita melakukan pembayaran di muka untuk biaya pengiriman dan kita tagihkan
kepada customer. Seharusnya zero profit. Di dalam MYOB Premier, kita bisa
mensetting sebagai pendapatan lain-lain atau lansung mengurangi biaya pengiriman.
Contoh
digambar, kita masukkan kedalam pendapatan freight.
I Track Deposit Collected from
Customers, jika dalam bisnis, perusahaan biasanya meminta
deposit terlebih dahulu jika mereka melakukan transaksi dengan customer yang
baru. Biasanya mengenai Deposit ini tergantung dari kebijaksanaan perusahaan
msing-masing. Namun jika kita menerima deposit dari customer, MYOB premier
menyediakan pengaturan secara otomatis untuk kita alokasikan ke Account
payable, karena itu adalah kewajibhan kita untuk mengirim barang kepada
customer.
Silahkan
pembaca setting ke account liabilities, dan bisa kita beri nama Deposit From
Customer atau Uang Muka dari Pembeli, dalam Bahasa Indoensianya.
I Give Discounts for Early payment, sudah tentu dalam bisnis, cashflow
adalah hal utama untuk menjalankan roda perusahaan, dan biasanya penjual
mempunyai term of payment yang disertujui bersama pembeli. Jika pembeli
membayar dibawah waktu yang disepakati, maka penjual akan memberikan potongan
pada saat pembayaran. Misalnya, dengan term 2/10 n/30 yang artinya, pembeli
akan diberikan potongan 2% jika membayar dalam waktu 10 dari 30 hari yang
diberikan.
Di MOB premier ini,
pembaca bisa mensettingnya ke account discount atau account biaya lainnya.
I Assess Charges for late payment, lawan dari pemberian discounts
adalah pengenaan biaya tambahan atau denda jika pembeli terlambat melakukan
pembayaran. Biasanya ini agak jarang terjadi di dunai bisnis, namun dalam dunia
keuangan atau perbankan atau
asuransi hal ini mungkin biasa.
Di MYOB premiere kita
juga mensetting account jika kita menerapkan denda kepada customer kita. Kita
bisa pasang di Pendapatan lain-lain di kepala 8 atau di group revenue.
No comments:
Post a Comment
Silahkan beri komentar untuk kemajuan dan bahan belajar bersama. Komentar yang bersifat spam dan troll tidak dipublikasikan